Sidang Paripurna Perppu Ormas/foto:google.com
Sidang Paripurna Perppu Ormas/foto:google.com

Pertaruhan Terakhir Perppu Ormas Diputuskan Hari Ini Melalui Sidang Paripurna DPR RI

Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dalam hal pengambilan keputusan untuk pengesahan Perppu Ormas digelar hari ini, digedung DPR RI, Selasa (24/10).

Sidang terhormat ini dimulai sejak pukul 10.30 pagi tadi. Semua perwakilan fraksi-fraksi mengutarakan pandangannya masing-masing.

Ada yang menolak, ada juga yang menerima, ada pula fraksi yang menerima tapi dengan beberapa catatan.

Ada sebanyak 7 Fraksi yang menerima Perppu Ormas, diantaranya PDIP, Golkar, PKB, Nasdem, Hanura, Demokrat, PPP. Adapun yang menolak adalah Fraksi Gerindra, PAN dan PKS.

Adapun fraksi yang menolak memiliki alasan sebagai berikut :

Gerindra : Belum ada hal mendesak yang membuat pemerintah wajib mengeluarkan Perppu No. 2 Tahun 2017 dan Secara Substansi Perppu Ormas dianggap bertentangan dengan demokrasi.

PKS : Ada beberapa pasal karet yang subjektif dalam Perppu No. 2 Tahun 2017. Serta PKS Mendukung jika ada pihak yang ajukan permohonan Judicial Review.

PAN : Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 sudah mengatur tentang Ormas. Dan penerbitan Perppu Ormas belum menjadi solusi mengenai Ormas yang dianggap anti Pancasila

Sementara diluar gedung DPR RI digelar demo besar-besaran oleh sejumlah elemen, baik elemen keagamaan maupun kemasyarakatan untuk menuntut penolakan disahkannya Perppu Ormas.

Diterbitkan oleh

Rajawali Ekspres

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Melalui Media Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *