Presiden Jokowi Intruksikan Jual BUMN/foto jokowi:Pikiran Rakyat
Presiden Jokowi dan Gedung Kementrian BUMN/foto jokowi:Pikiran Rakyat

Presiden Jokowi Intruksikan Jual Besar-besaran BUMN Hingga 600 Perusahaan

Presiden Joko Widodo mengintruksikan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno, untuk menjual anak cucu perusahaan BUMN yang tidak lagi berhubungan dengan inti bisnis perusahaan induknya. Dari 800 lebih perusahaan BUMN rencananya akan dipangkas menjadi tersisa sekitar 200 perusahaan saja.

“‎Presiden mengatakan, kita akan merger, jual yang tidak berhubungan lagi dengan inti bisnis inti induknya, sehingga target anak cucu BUMN dari 800 lebih menjadi 200,” kata Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Nasional, Rosan Roeslani, seusai menghadiri pertemuan bersama Presiden dan sejumlah menteri di Instana Merdeka, Jakarta, Kamis (26/10), seperti dilansir tribunnews.com.

Ia mengungkapkan, intruksi presiden itu sudah diamini oleh menteri Rini, sehingga sudah ada pemetaan anak cucu perusahaan BUMN yang akan di merger atau dijual ke perusahaan nasional.

‎”Ibu Rini mengamini (keinginan presiden), jadi ada pemotongan 600 perusahaan, akan diselesaikan segera karena sudah dipelajari dan ini akan menjadi restrukturisasi besar-besaran BUMN,” tuturnya.

Ia juga menyatakan, pemangkasan anak cucu BUMN akan dilakukan dalam waktu dekat. Entah dimerger (digabungkan) nantinya atau dijual untung ke perusahaan berskala nasional.

“Apakah perusahaan nasional sanggup? Saya sampaikan kita sanggup karena perusahaan-perusahaan itu sudah jadi, bukan baru yang cashflownya enggak jelas. Ini risikonya sudah terukur dari segi keuangannya, dan lebih terbuka,” pungkas Rosan

Diterbitkan oleh

Rajawali Ekspres

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Melalui Media Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *